menjaga kesehatan jantung

Dengan olahraga dan diet yang teratur setiap hari dapat menjaga kesehatan jantung. Jika anda masih merasa hal tersebut belum cukup untuk menjaga jantung Anda tetap sehat, apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat ? Berikut adalah hal yang perlu anda lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung dan menjadikan jantung bekerja dengan baik. Jika terlalu berat untuk dilakukan, maka anggap saja ini ke dalam gaya hidup Anda.

Berikut 5 hal yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Lemak sangat dibutuhkan dalam setiap mengkonsumsi makanan, termasuk lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Namun tahukan anda, lemak yang tidak baik bagi jantung adalah lemak trans, yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung dan stroke selama seumur hidup. Hal ini disebabkan lemak trans dapat menyumbat arteri yang dapat menaikkan kolestrol jahad dan menurunkan kadar kolestrol baik. Pilihlah makanan yang baik untuk jantung Anda. Jika anda hendak membeli makanan, sempatkan membaca label dari makanan tersebut, carilah makanan yang mengandung lemak trans 0 persen.

Menjaga kebersihan gigi

Orang yang memiliki riwayat penyakit pada gusi memiliki kemungkinan resiko penyakit jantung. Bakteri yang ada pada mulut dapat bergerak ke alira darah dan dapat meningkatkan protein C-reaktif (tanda pembengkakan pada pembuluh darah). pembengkakan pembuluh darah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung maupun stroke. Anda bisa membiasakan diri membersihkan gigi setiap hari,

Tidur secara teratur

Penyakit jantung yang biasanya menyerang orang yang tidak memiliki pola tidur yang teratur adalah penyakit kardiovaskular, penyakit yang tidak mengenal usia ini sangat berbahaya. Seseorang yang tidur kurang dari 6 jam per malam memiliki potensi dua kali terkena stroke dan penyakit jantung. Hal tersebut di sebabkan meningkatnya tekanan darah dan dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah.

Jangan duduk terlalu lama

Jika anda memiliki kebiasan duduk seharian tanpa henti, ubahlah kebiasaan tersebut. Anda bisa membiasakan diri untuk bergerak beberapa langkah setiap beberapa jam sekali. Terutama jika anda seorang pegawai kantoran yang pekerjaannya duduk didepan komputer setiap harinya.

Berhenti merokok atau menghindari asap rokok

Banyak studi yang menunjukkan bahwa resiko orang yang terpapar atau tidak sengaja menghisap rokok, 20 – 30 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung bila di bandingkan dengan orang yang merokok. Maka dari itu, jika anda seorang perokok, mulailah memikirkan diri sendiri dan dampak kepada orang sekitar anda. Karna tidak hanya membahayakan jantung anda, tapi membahayakan orang yang tidak sengaja menghisap asap rokok yang anda hasilkan. Terlebih lagi jika anda memiliki keluarga, sayangilah meraka dengan cara menjaga mereka dari asap rokok.

Semoga tips diatas dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung anda dan dapat merubah gaya hidup sehat.