Seorang bayi lahir pastinya membutuhkan mainan yang bermacam jenis untuk melatih serta merangsang tumbuh kembangnya anak tersebut. Kedua orang tua jangan sampai salah pilih mainan sang anak, dan juga kalau bisa orang tua membelikan sebuah mainan yang tahan lama dan pastinya bermanfaat bagi sang anak tersebut.

Seorang anak pastinya waktu masih bayi “kecil” masih sangat dengan seorang ibu. Perlu diketahui oleh seorang ibu, anak-anak sudah bisa diperkenalkan dengan sebuah mainan sejak baru lahir.

Mereka (anak-anak) memang belum bisa menggunakan atau memainkan nya sendiri, akan tetapi seorang ibu atau orangtua yang harus membantu atau mengajarkan mereka.

Oleh karena itu, para orangtua juga harus kreatif dalam memilih sebuah mainan yang tepat untuk sang anak. Kalau bisa satu mainan itu mempunyai banyak fungsi yang bersifat edukatif.

Seperti yang di kemukakan oleh Spesialis Anak Dr. Markus Danusantoso SpA dari RSIA Bunda, Jakarta.

” Dengan memberikan mainan, kita bisa mengenalkan bentuk, warna, tulisan sampai mengenalkan lingkungan kepda anak. Ungkapnya”.

Mainan dapat membantu meningkatkan fungsi panca indera, tahapan perkembangan, mental dan emosional anak itu sendiri. Tidak ada salahnya, sejak kecil diberikan mainan yang sesuai dengan usianya.

Beliau juga menyarankan beberapa jenis mainan yang paling sering dibutuhkan oleh anak-anak sejak bayi. Kedua orangtua tidak perlu khawatir dan boros dalam membelikan aneka jenis mainan yang justru nantinya akan tidak berguna.

Berikut ini adalah 5 Pilihan Mainan Paling Edukatif Untuk Bayi (Balita)

  • Stacking

Seorang ibu (orangtua) pasti memilih permainan yang berbasis stacking untuk si bayi. Permainan ini mempunyai banyak manfaat yang edukatif. Dan si bayi akan jadi mudal untuk mengenal warna, bentuk, cara menyusun mainan sesuai tempatnya, mengenal tinggi & rendah dan tahu beberapa manfaat lainnya. Ada beberapa jenis mainan stacking yang dijual di pasaran yang bisa menarik perhatian si buah hati, seperti stacking cup, stacking ring, stacking button dan lain-lain.

  • Puzzle

Permainan puzzle dianjurkan pada usia 9 bulan sampai satu tahun ke atas. Bayi memang belum bisa merangkainya secara langsung, akan tetapi dari segi warna dapat melatih visual. Sementara itu, pada anak usia 1 tahun ke atas juga pasti sudah mulai untuk dilatih puzzle yang tidak rumit. Mereka (bayi) pasti akan lebih tertarik jika menyelesaikan permainannya bila didampingi.

  • Musical Walker

Anak pada usia 1 tahun pasti sudah mulai ingin belajar jalan, dan biasanya dengan cara merembet. Sebaiknya untuk para ibu-ibu memberikan mainan yang berupa musical walker, bentuknya singa, mobil dan beberapa jenis lainnya. Pilihlah warna yang mencolok dan musik yang menarik perhatiannya. Dan kalau sudah main musical walker, pasti si kecil lupa dengan kebiasaan menonton video di gadget.

  • Permainan Profesi 

Seorang bayi juga sudah bisa dikenalkan dengan sebuah permainan seputar profesi seseorang. Mainan ini sangat cocok untuk merangsang ide kreatifnya yang mungkin bisa memacu bakat dan cita-citanya.

  • Bermain Alat Musik

Dari bayi diperkenalkan dengan bermacam jenis alat musik lewat mainan. Kalau ada mainan yang identik dengan bunyi-bunyian, pasti si bayi akan tertarik. Kenalkan beberapa jenis alat musik yang pasti disukai, seperti  gitar, piano, drum, microphone, hingga perkusi.