Sebagai salah satu instrumen utama membiayai pembangunan hampir semua negara di dunia ini mempunyai yang namanya utang. Akan tetapi tidak mesti utang itu menjadi segalanya untuk hidup dan matinya suatu negara

Trus yang jadi pertanyaan, apakah bisa suatu negara itu hidup atau berkembang tanpa utang ? walaupun jumlahnya tidak banyak, ternyata negara yang bisa beridiri tegak tanpa yang namanya utang bukalah hal utopis. Dari negara-negara yang tidak punya utang itu adalah kebanyak negara-negara yang terbilang kecil. Dan negara apa saja yang tidak mempunyai utang ?

7 negara yang tetap hidup tanpa adanya utang

1. British Virgin Island

Sebuah wilayah yang tidak berdaulat kepada inggris, yang dikenal dengan “Virgin Islands” mempunyai suatu sistem pemerintah yang independen. Negara Virgin Islands juga mencuat pada waktu ada kasus Panama Papers yang dimana banyak orang membuat perusahaan di negara tersebut. Selain negara ini tidak mempunyai utang, negara ini juga bebas dari yang namanya pajak. Negara terkaya di kepulauan karibia, dan satu hal yang menarik dari negara ini adalah kalau mau datang kenegara itu kita tidak perlu yang namanya Visa, jadi tinggal pergi ada ke negara itu.

2. Macau

Adalah sebuah negara yang surganya bagi para penjudi di Benua Asia, dan bisa disebut Las Vegas nya orang China. Negara yang terbilang kecil adalah sebagai salah satu negara yang tidak ada utang. Ecnonomist Intelligence Unit (ENU) mengungkapkan ” Macau dipercaya menghasilkan USD40 M/tahun pada tahun 2013. Jumlah itu naik 19% dari tahun sebelumnya”.

3. Palau

Negara yang memiliki populasi hanya 21 ribu orang ini adalah negara yang memiliki 300 pulau dan negara yang bebas dari namanya utang. Nama lain dari negara ini adlah “Surga snorkeling” bagi turis. Negara ini memiliki penduduk yang beragam seperti 70% warga asli, 15% orang Filipina, 5% orang China, 2% orang kulit putih dan 8% Asia.

4. Leichtenstein

Negara yang berlokasi di perbatasan Austia dan Swiss ini mempunyai populasi sebanyak 35ribu orang dengan luas hanya 62 mil persegi dan negara ini menjadi negara terkecil urutan ke-6 di dunia. Bahkan yang lebih kerennya negara ini menempati posisi ke-2 dari kategori anggka pengangguran terendah dan punya ekonomi yang kuat dengan GDP (gross development product) per orang mencapai USD95.000.

5. Anguilla

Negara kecil yang kaya ini berada di sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di kawasan Karibia. Sebuah negara kaya yang terdiri dari 5 pulau dan ibu kota nya bernama The Valley  yang terletak di pulau utama Anguilla, industri utama dari negara ini adalah periwisata dan perikanan.

6. Niue

Negara ini adalah negara kepulaua di Samudera Pasifik Selatan yang dijuluki dengan nama Karang Polinesia. Sebuah negara yang populasinya kurang dari 2.000 orang, dengan pemerintahnya berdiri sendiri. Niue mempunyai asosiasi bebas dengan Selandia Baru, yang menyediakan sekitar USD14 Jt dalam bentuk bantuan dan sebagian besar menangani urusan luar negeri dan pertahanan.  “Niue telah berhasil melunasi hingga 4jta dolar AS dan tidak tertarik untuk membuat pinjaman lagi”, ungkapan dari Perdana Menteri Toke Talagi.

7. Wallis an Futuna

Dua Kepulauan ini adalah sebuah komunitas seberang laut prancis yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan, di antara Fiji dan Samoa. Kepulauan in terdiri dari 3 pulai tropis, yaitu ;Wallis (Uvea), Futuna, dan Alofi.