adab setelah makan

Setelah makan, orang Islam mempunyai adab setelah makan yang harus dijalani antara lain:

  1. Membaca do’a setelah makan

Do’a yang biasanya dibaca setelah selesai makan antara lain:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ غَيْرَ مَكْفُوْلٍ وَلَا مُوَدَّعٍ وَلَا مُسْتَغْنًى عَنْ رَبِّنَا

Alhamdulilla~hi hamdan katsi~ron thoyyiban muba~rokan fi~hi goiro makfu~lin wala~ muwadda’in wala~ mustagnan ‘an robbina

Artinya:

Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak dan baik serta mengandung berkah padanya, dalam keadaan tidak diingkari, tidak ditinggalkan, dan tidak diperlukan oleh Tuhan kami.” (HR. Bukhari)

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّتِي

Alhamdulilla~hillazi~ ath’amani~ ha~za wa rozaqoni~hi min ghoiri haulin minni~ wala~ quwwati~

Segala puji bagi Allah yang memberi makanan ini kepadaku dan yang memberikan rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.” (HR. Timidzi)

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَثَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdulilla~hillazi~ ath’amana wa tsaqo~na wa ja’alana~ minal muslimi~na

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makanan dan telah menjadikan kami golongan oran-orang yang selamat.”

  1. Membersihkan sisa makanan yang menempel di jari dan sela gigi

Rasulullah saw mengajarkan umatnya untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel di jari-jarinya dengan mulutnya, seperti yang diceritakan oleh Anas ra dengan sabdanya yang berbunyi:

عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَلْعَقْ أَصَابِعَهُ الثَّلَاثَ

‘An Anasin, ‘Anin nabiyyi shollallo~hu ‘alaihi wasallah qo~la, iza~ akala ahadukum falyal’aq ashobi’ahuts tsala~tsa

Dari Anas ra, dari Nabi saw beliau bersabda: Apabila salah seorang di antara kalian telah makan, hendaklah ia menjilati jari-jemarinya; Beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali.” (HR. Ad-Darimy)

Sisa makanan yang menempel pada gigi dapat dibersihkan dengan cara berkumur-kumur, memakai tusuk gigi, atau dengan menggosok gigi (bersiwak).

  1. Mencuci tangan hingga bersih

Setelah makanannya habis, gigi telah dibersihkan dan jari-jemari telah dibersihkan dengan mulut dari sisa makanan yang menempel, kemudian mencuci tangan dengan air sampai benar-benar bersih, bila perlu pakai sabun atau bahan lain yang dapat menghilangkan minyak-minyak, lemak, atau lainnya yang ada di tangan.

  1. Meninggalkan tempat makan dengan baik

Setelah semuanya selesai semuanya, maka ia meninggalkan tempat makan dengan baik-baik. Menaruh piring dengan rapi, menaruh lap tangan pada tempatnya, dan peralatan lain dengan rapi.