Xiaomi akhirnya mulai meluncurkan Android 8.0 Oreo ke Xiaomi Mi A1. Smartphone ini diluncurkan di bawah program Google Android One dengan Android 7.1.2 Nougat kembali pada bulan September dan dijanjikan akan menerima update ke Android Oreo pada akhir 2017. Xiaomi memenuhi janjinya dan  Versi Android yang baru mulai diluncurkan dan bisa di update langsung melalui OTA mulai pada tanggal 31 Desember.

Akan tetapi untuk bisa melakukan update ke Android, pengguna harus menginstal perangkat lunak versi 7.12.19 (Android Nougat) pada Mi A1 mereka untuk menerima update OTA ke Android Oreo (versi 7.12.29) seperti yang di sebutkan postingan resmi di Forum MIUI Xiaomi. Paket pembaruan hadir dalam ukuran 1107.4MB dan mencakup patch keamanan Android bulan Desember bersamaan dengan fitur baru lainnya.

Fitur Mi A1 Android Oreo

Pembaruan Android 8.0 Oreo untuk Mi Mi Xiaomi membawa fitur seperti mode Picture-in-Picture, titik Pemberitahuan baru, Batas latar belakang, Isi otomatis, dan pilihan teks Pintar. Selain itu, Xiaomi telah menambahkan perbaikan seperti ikon aplikasi adaptif dan pengalaman boot yang lebih cepat. Anda bisa mengecek ketersediaan update Android 8.0 Oreo untuk Mi A1 Anda dengan masuk ke Settings > Software updates .

Khususnya, Xiaomi Mi A1 adalah smartphone pertama di keluarga Mi yang menerima update Android Oreo.Perusahaan yang berbasis di Beijing bulan lalu mengumumkan sedang mencari penguji beta untuk mendapatkan umpan balik mengenai pembaruan baru dari sekelompok kecil pengguna.

Dengan update Android Oreo, Xiaomi Mi A1 telah menjadi pilihan yang sangat menarik di kisaran Rp. 3 juta. Mi A1 ( Review ) dilengkapi layar 5-inci full-HD (1080×1920 piksel) dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Hal ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625, ditambah dengan RAM sebesar 4GB. Smartphone ini menggabungkan setup dual camera di belakang dengan dua sensor gambar 12 megapiksel – satu dengan ukuran piksel 1,25 mikron dan dengan lensa aperture sudut lebar, f / 2.2 dan yang lainnya berukuran 1 mikron pixel dan dengan lensa aperture f / 2.6 aperture. Sensor kamera juga menawarkan zoom optik 2x dan fitur seperti Portrait Mode milik. Selain itu, sensor kamera 5 megapiksel tersedia di bagian depan dengan mode kecantikan real-time. Fitur andalan Xiaomi Mi A1 adalah kamera ganda 12 megapiksel di bagian punggung. Satu kamera memiliki sudut pandang wide seperti biasa, lainnya telephoto untuk pemotretan portrait dengan efek background blur.