Pada kesempatan kali ini kita akan membahas suatu framework open-source yang sangat populer di para kalangan frontend devloper, yakni React JS.

Apa itu React JS?

React Js ialah sebuah library JavaScript yang dibuat oleh facebook. Jika Anda bertanya apakah React suatu framework MVC, tentu jawabnya TIDAK !. React ialah library yang mempunyai sifat composable user interface, yang dengan kata lain kita bisa membuat sekian banyak UI yang dapat kita bagi atau dipecah menjadi beberapa komponen, dimana setiap komponen yang sudah dibagi bisa digunakan kembali. Menarik bukan ??? hehe

Kenapa memilih ReactJs ?

Cepat dan Efisien

Karena berbasis komponen maka react aka me-render resource yang bersangkutan dengan data yang berganti, dengan kata lain React tidak me-render semua resource yang ada dan tentunya akan membuat kecepatan akses lebih cepat.

Library JavaScript

JSX (JavaScript Extension) singkatnya Anda bisa menyematkan syntax HTML kedalam Javascript. Ini sangat membantu kita dalam proses development, dan tentunya dengan adanya dukungan fungsi dari ES6 (Ecma Script).

Reusable (dapat dipakai berulangkali)

Komponen yang sudah dibuat dapat kita pakai berkali-kali saat anda membutuhkannya. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mempersingkat waktu para devloper dan meminimalisir resourece yang ada.

Immutable State

Kita bisa dengan mudah memanajemen state yang ada dengan memakai Redux. Kita dapat menanggulangi permasalahan mutable state dengan RamdaJs. Bagi state yang berinteraksi dengan API saya dan anda bisa menggunakan Redux-Saga.

React menyediakan segala fasilitas yang diperlukan oleh devloper dalam mendevelop sebuah software atau aplikasi yang ringan,cepat dan tentunya mudah digunakan.

Setelah membahas kelebihan dari ReactJs, selanjutnya kita akan mencoba bagaimana cara install ReactJs 

Pastikan Anda sudah menginstall :

– NodeJs

– NPM / Yarn

Pertama jalankan perintah berikut pada comend line :

npm install -g create-react-app

Setelah proses instalasi package selesai, kita akan membuat aplikasi pertama kita dengan menjalankan peritah berikut :

create-react-app project-pertama
install reactjs

Jika proses create-react-app berhasil akan tampil informasi success, seperti pada gambar dibawah ini:

install reactjs
install reactjs

Sekarang kita akan masuk ke directory project yang telah dibuat dengan perintah :

cd project-pertama
lalu jalankan perintah yarn start

Jreng-jreng, hasilnya seperti gambar berikut :

install reactjs
ReactJs

Selamat anda sudah berhasil install ReactJs, dan sampai bertemu di turorial berikutnya. 😀