niat sholat jamak

Jika anda hendak berpergian jauh (sebagai musafir) dan anda ingin menjaga sholat 5 waktu berikut adalah cara melaksanakan sholat jamak beserta niat sholat jamak, di dalam agama islam terdapat keringanan bagi umat muslim khususnya yang sedang dalam perjalan jauh yaitu diperbolehkan untuk meringkas waktu sholat atau menyatukan waktu dari dua sholat menjadi satu waktu yang disebut dengan Jamak “sholat yang tidak bisa dijamak adalah sholat subuh”.

Hendaknya sebelum Anda melakukan sholat jamak, terlebih dahulu Anda harus mengetahui syarat diperbolehkannya menjamak sholat dan tentunya dengan tata cara mengerjakannya. Menurut beberapa ulama, jarak yang di tempuh pada saat hendak berpergian jauh dengan jarak 80 km, 88,km, 95 km dan tentunya niat berpergian anda dengan tujuan yang baik. Adapun cara melakukan sholat jamak tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya baik dari segi gerakan maupun bacaan. Hal yang membedakan terletak pada lafadz niat “Tidak dianjurkan makmum pada orang yang tidak sedang menjalankan jamak (bukan musafir)”.

sholat jamak dibagi menjadi dua jenis :

sholat jamak taqdim

sholat jamak taqdim dilakukan dengan cara menggabungkan dua waktu sholat dengan memajukan sholat fardu yang belum memasuki waktu ke sholat yang sudah/sedang masuk waktu. Contohnya kita melakukan jamaq taqdim antara dhuhur dan ashar, maka maka dilakukan pada saat memasuki waktu dhuhur.

sholat jamak takhir

berbeda dengan jamak taqdim, sholat jamak takhir dilakukan dengan cara menggabungkan dua waktu sholat dengan cara memundurkan sholat wajib yang sudah memasuki waktunya ke sholat wajib berikutnya. Contohnya, kita akan menjamak takhir waktu maghrib dengan isya, maka waktu sholat maghrib kita mundurkan hingga masuk waktu sholat isya.

Adapun niat dalam menjalankan sholat jamak adalah sebagai berikut :

Niat Sholat jamak taqdim

أصلى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم لله تعالى

Aku berniat sholat fardu dhuhur empat raka’at dijama’ bersama ashar dengan jama’ taqdim karena Allah Ta’ala

Niat Sholat jamak takhir

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعصر جمع تأخيرالله تعالى

Aku berniat sholat fardu maghrib tiga raka’at dijama’ bersama isya’ dengan jama’ ta’khir karena Allah Ta’ala.

Tata cara melakukan jamak Taqdim

– jamak taqdim dilakuakan dengan mengerjakan shlat maghrib tiga rekaat terlebih dahulu.

– setelah melakukan sholat maghrib, maka Anda bisa langsung mengerjakan sholat isya empat raka’at tanpa ada sela.

Tata cara melakukan jamak Takhir

– Melaksanakan sholat maghrib tiga raka’at terlebih dahulu pada waktu isya.

– setelah melakukan sholat magrib tiga rakaan, langsung mengerjakan sholat isya empat raka’at tanpa ada sela.

Sekian yang bisa admin bagikan tentang bagaimana cara melaksanakan sholat jamak dan niat jamak taqdim dan takhir, jika ada kesalahan dalam penulisan silahkan dikoreksi pada kolom komentar.