cara mudah merakit komputer

Cara Mudah Merakit Komputer – Jika Anda hendak membeli komputer yang siap pakai tapi budget yang Anda miliki terbatas, merakit komputer sendiri bisa menjadi pilihan terbaik. Selain bisa memangkas pengeluaran, tentunya dari segi spesifikasi komputer yang akan didapatkan lebih baik dan tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan maupun budget yang dimiliki. Jika anda belum pernah mencoba merakit komputer sendiri tentunya Anda akan berpikir prosesnya akan sulit dilakukan, padahal untuk merakit komputer sangatlah mudah. Yang perlua Anda siapkan tentunya sebuah obeng beserta komponen-komponen yang diperlukan.

Sebelumnya, jangan lupa untuk melakukan ritual “menyentuhkan tangan pada casing” atau bisa menggunakan gelang anti statis. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan listrik statis pada badan agar tidak membahayakan komponen pada saat proses perakitan.

Berikut adalah cara mudah merakit komputer :

Memasang Prosesor ke Motherboard

Pada saat pemasangan Prosesor ke Motherboard tentukanlah terlebih dahulu pin pada Prosesor dan socket Prosesor di Motherboard, biasanya tanda pada Prosesor maupun  Motherboard di tandai dengan tanda panah dibagian pojok. Setelah itu angkatlah tuas pengunci pada socket ke atas sampai terbuka lebar lalu sesuaikan posisi kaki prosesor dengan lubang socket terus tekan sampai rapat. Setelah itu kunci kembali dengan tuas yang tadi diangkat sampai benar-benar terkunci.

Memasang Prosesor ke Motherboard
Memasang Prosesor ke Motherboard

Memasang Motherboard ke Casing

Kenapa memasang Porsesor terlebih dahulu dari pada memasang Motherboard ke Casing ? hal ini untuk memudahkan pemasangan Prosesor ke Motherboard. Letakkan Mainboard dalam casing dan eratkan dengan sekrup.

memasang motherboard ke casing
memasang motherboard ke casing

Memasang Heatsing

Yang belum tahu apa itu heatsing, saya akan jelaskan sedikit. Heatsing adalah komponen yang menyalurkan panas pada Prosesor ke luar. Sehingga proses kerja Prosesor tetap stabil. Lalu dimanakah letak dari Heatsing ?

Heatsing di letakkan tepat diatas Prosesor, sebelum meletakkan heatsing terlebih dahulu diberi Thermal Porsesor, hal ini berguna untuk memaksimalkan kinerja dari heatsing. Setalah diletakkan, eratkan dengan penahan yang sudah ada pada heatsing. Dan jangan lupa kabelnya dihubungkan ke Motherboard.

memasang heatsing
memasang heatsing

Memasang RAM / Memori

Longgarkan pengerat/tuas pengunci RAM pada slot RAM yang ada pada Motherboard. Jika sudah, Anda bisa langsung memasukkan RAM ke dalam slot. Perhatikan bagian bawah/pin pada RAM. Jika sudah merasa pas, tekan dengan sedikit keras sampai kedua pengerat/tuas yang tadi mengunci RAM dengan sendirinya.

memasang RAM
memasang RAM

Memasang Power Supply

Jika Anda membeli Power Supply secara terpisah dengan casing, maka Anda harus memasangnya sendiri. Pada bagian belakang casing, terdapat spase untuk meletakkan Power Supply, setelah terpasang eratkan dengan sekrup dan pasang konektor Power Supply ke Mainboard beserta kabel-kabel yang dibutuhkan.

memasang power supply
memasang power supply

Memasang Kabel Motherboard dan Casing

Bagi Anda yang masih awan, bagian ini tentunya akan terasa sulit. Banyaknya kabel tentunya akan membuat anda langsung merasa ragu. Untuk tahap ini silahkan langsung saja melihat gambar berikut :

Memasang Drive

Masukkan drive yang dibutuhkan, seperti Hardisk dan CD-ROM dan pasang sekrup agar tidak mudah lepas. Serta hubungkan kabel konektor IDE ke drive dan mainboard.

memasang drive

Memasang Card Adapter

Pasangkan Sound Card atau Video Card pada slot yang tersedia pada motherboard dan tekan sampai konektor benar-benar masuk.

memasang grapic card
memasang grapic card

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, anda bisa langsung menutupnya dengan casing dan rekatkan dengan sekrup. Dan anda bisa langsung mencoba hasil rakitan Anda sendiri. Selamat mencoba dan jika ada yang kurang jelas, bisa disampaikan di kolom komentar.