definisi psikologi pendidikan

Frase psikologi pendidikan dibangun dari dua istilah, yaitu psikologi dan pendidikan. Istilah psikologi memiliki definisi sendiri, demikian juga istilah pendidikan. Pendidikan terdiri dari tiga ranah yaitu formal, nonformal, dan informal. Dengan demikian, istilah psikologi dan pendidikan tidak dimaksudkan untuk secara serta merta dikombinasikan sehingga muncul definisi baru, melainkan bagaimana nilai-nilai psikologi itu bisa menjadi instrumen untuk mentransformasikan substansi material (content) pendidikan untuk masing-masing ranah.

Psikologi pendidikan berkaitan dengan aplikasi psikologi dalam proses pembelajaran peserta didik dan berbagai aspek yang terkait, seperti penatalaksanaan kondisi agar efektifitasnya dapat ditingkatkan. Berbagai sekolah dan perguruan tinggi menggunakan jasa psikolog sehingga mereka dapat lebih efektif memberdayakan lingkungan dan meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Psikologi pendidikan juga menentukan isi silabus, karena mereka berkompeten dalam menganalisis bagian-bagian yang memerlukan perspektif psikologis atas substansi sajian pembelajaran.

Arthur S. Reber merumuskan bahwa psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan, khususnya penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas, pengembangan dan pembaruan kurikulum, ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan, proses sosialisasi dan interaksinya dengan optimasi ranah kognitif, serta penyelenggaraan pendidikan keguruan.

Barlow mengatakan bahwa psikologi pendidikan adalah disiplin pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumberuntuk membantu guru melaksanakan tugas-tugasnya dalam proses pembelajaran secara efektif.

Sultan Muhammad (2008) mendefinisikan psikologi pendidikan adalah aplikasi dari temuan psikologis di bidang pendidikan. Dengan demikian psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang perkembangan individu dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan merupakan disiplin ilmu terapan yang menghubungkan dua bidang yang berbeda, yaitu psikologi dan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah studi ilmiah untuk memahami, memprediksi, dan mengarahkan perilaku siswa bagi usaha pencapaian tujuan pendidikan dan pelajaran.

Psikologi pendidikan merupakan disiplin ilmu yang memberikan kontribusi penting kepada guru dan siswa selama proses pendidikan. Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam tatanan pendidikan yang teratur atau intervensi untuk pembelajaran yang efektif.  psikologi adalah studi tentang jiwa dan pikiran manusia, dimana proses mental dan perilaku dianalisis dan hubungan dibangun pada fungsi kerja otak, serta pengaruh dari kejadian kehidupan sehari-hari pada fungsi tersebut. psikologi pendidikan umumnya telah dimasukkan dalam program kurikulum pendidikan guru di banyak negara, termasuk Indonesia.

(Dikutif dari: Prof. Dr. Sudarwan Danim dan Dr. H. Khairil, 2011. Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Bandung: CV. Alfabeta, hal. 4-7).