bisnis sampingan atau usaha sampingan

Pustakatoday.com – Pada waktu ini lagi ngetren kenaikan harga kebutuhan barang-barang, dan dengan mengandalkan gaji yang di dapat setiap bulannya rasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan.

Tidak heran jika saat ini banyak orang yang akhirnya mencoba memulai bisnis sampingan untuk menjadi periuk nasi kedua mereka. Sebetulnya kita cukup beruntung saat ini tengah hidup di tengah era kemajuan teknologi internet yang memberi banyak banyak kemudahan, salah satunya dalam mencari suatu peluang usaha kekinian yang prospektif.

Anda bisa meriset dan mencari tahu lebih banyak peluang – peluang usaha yang sekirannya bisa dilihat menjanjikan. Jadi, sebelum anda langsung turun anda bisa memprediksikan terlebih dahulu, seperti bagimana pasarnya, berapa kebutuhan modal, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis bisnis berikut ini yang bisa diharapkan dapat menjadi suatu sumber refrensi khususnya untuk anak muda atau pemula yang ingin mengawali kariernya dalam bidang usaha kecil namun cukup menjanjikan penghasilan yang besar.

Dengan 6 Bisnis Ini Pasti Dompet Anda Semakin Tebal Selain Mengandalkan Uang Gaji

1. Handmade (Buatan tangan)

Apa anda mempunyai skil merajut ? atau sering membuat suatu kerajinan tangan seperti menjahit, tas lukis, membuat buku edukatif anak ?. Apa salahnya anda menggunakan skil anda untuk membuat bisnis sampingan, karena sudah banyak orang yang sukses yang berawal dari hobi mereka.

Dari hobi bisa menghasilkan uang, karena dengan bisnis kreatif seperti itu mempunyai suatu peluang yang bisa bertahan. Oleh sebab itu, anda bisa memanfaatkan sarana media sosial sebagai suatu jalan pemasaran, apalagi produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif.

2. Bisnis Waralaba

Yang dimaksud dengan waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Anda ingin memulai usaha namun terkendala dengan kurangnya ide, atau terlalu repot membangun sistem(jaringan), dan atau belum mempunyai pengalaman pemasaran ?

Anda harus menimbang untuk mencoba bisnis waralaba (franchisor). Dengan membeli hak waralaba, anda cukup mengeluarkan modal untuk biaya lisensi waralaba dan sewa tempat usaha.

Sedang untuk stategi marketing, bangunan sistem bisnis, biasanya sudah disedikan oleh pewaralaba. Banyak kok pilihan untuk bisnia waralaba yang menarik. Seperti waralaba kuliner, waralaba barbershop atau tukang cukur rambung, bahkan sampai waralaba salon kecantikan.

3. Berbisnis Online

Seperti yang kita ketahui di jaman sekarang sudah banyak para pembisnis yang mempunyai penghasilan melalui bisnis online.

Manfaatkan internet untuk menjangkau pasar dan mendapatkan penghasilan dengan maksimal. Jenis bisnis yang satu ini bisa dimulai dengan bermodal kecil, yang terpenting anda harus mempunyai fasilitas online dan akses internet.

4. Menjadi Influencer

Anda pasti tahu yang namanya selebgram ? jadi para pengguna media sosial instagram yang mempunyai pengikut yang banyak inilah yang dinamakan dengan endorser. Bukan selalu harus artis, akan tetapi para pemilik akun instagram yang pengikutnya cukup banyak.

Jadi influencer itu adalah selebgram yang mengiklankan suatu produk perusahaan, setiap hari para influencer ini mendapatkan kiriman produk dari para penjual, untuk diiklankan di akun instagram mereka.

Untuk para pemula disarankan untuk tidak perlu meminta bayaran akan tetappi jikalau sudah yang sudah bersekala cukup besar, dalam sekali posting mereka bisa mendapatkan komisis mencapai Rp200.000 sampai Rp800.000.

5. Membuka Warung Kopi atau Kafe

Di Indonesia sudah dikenal  di dunia sebagai salah satu produsen kopi berkualitas, karena hampir setiap orang suka minum kopi. Mulai dari presiden sampai mahasiswa, semua suka dengan kopi.

Anda bisa mencoba peluang bisnis membukan warkop mulai dari yang sederhana atau sekalian membuka kafe jika memang anda mempunyai modal yang mencukupi. Untuk disain konsep warkop, anda bisa eksplorasi sesuai dengan tujuan pasar anda, seperti warkop yang sederhana dengan disain lesehan atau ingin sedikit yang kekinian. Akan tetapi setiap jenis modal warung kopi pastinya membutuhkan modal yang berbeda-beda.

Untuk peluang bisnis ini, anda harus mempunyai suatu konsep yang cukup kuat, sehingga bisa bersaing dengan usaha-usaha warkop yang duluan sudah ada.

6. Berbisnis Kue Dalam Bentuk Pesanan

Usaha kue buatan sendiri dengan cara pesanan juga bisa anda perhitungkan dalam memulai membangun usaha sendiri, tetapi kalau tidak bisa memasak bagaimana ? jangan risau, anda bisa mengajak saudara atau kerabat anda yang bisa masak kue untuk berkerjsama.

Buat kerjasama saja dengan rekan pembuat kue, dan anda sebagai pemodal dan pemasar. Kue-kue pesanan banyak kok yang dicarai, apalagi jika anda bisa memperliharkan ciri khas dan membandrol harga yang bagus. Dan anda bisa memanfaatkan sarana media sosial sebagai etalase dan pemasaran yang cukup efektif.

Jadi itulah beberapa peluang usaha yang bisa anda coba geluti supaya penghasilan anda tidak cuma bergangtung dengan gaji dari pekerjaan anda.