Manfaat Buah Pisang – Buah pisang adalah buah nomor dua setelah susu sebagai jenis makanan pokok yang lengkap akan nutrisi. Adapun kandungan pada nutrisi pada buah pisang yang sudah matang (dalam 100 g bahan) dapat dilihat pada gambar berikut:

Orang Amerika dan Kanada mengkonsumsi sekitar sepertiga dari buah pisang hasil bumi. Setiap orang Amerika dapat mengkonsumsi sekitar 10 kg pisang setiap tahunnya. Orang Uni Emirat Arab dapat mengkonsumsi buah pisang sampai 41 kg per individu.

Di sebagian negara Amerika Latin, buah pisang ditumbuk secara halus, dicampur dengan buah nanas segar, gula, dan kayu manis. Kemudian diaduk menjadi roti tebal, dan dihidangkan dengan es bersama keju dan krim. Orang Arab biasa membuat manisan dan adonan dari buah pisang. Di Afrika Timur dan Barat, buah pisang merupakan makanan pokok yang tidak hanya direbus, tetapi juga dipanggang dan di bakar.

Orang-orang Cina menngunakan akar-akar pohon pisang sebagai obat. Obat dari akar-akar pisang sudah terkenal sejah ribuan tahun untuk mengobati penyakit kuning, sakit kepala, dan campak (cacar air).

Orang Indonesia tidak sekedar memanfaatkan buah atau akarnya, tetapi daun dan batangnya. Daun pisang dapat dipakai sebagai bungkus makanan, dan batangnya dapat dijadikan sebagai olahan masakan yang tidak kalah nikmatnya (orang NTB menyebutnya “ARES”).

(Dikutip dari Karya: Abdul Basith Muhammad Sayyid. At-Tagziyah An-Nabawiyah fi Tsamaniyah Asabi’. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh M. Masnur Hamzah dan Fathullah Maksum, dengan judul Rahasia Kesehatan Nabi. Solo: Tiga Serangkai, 2005. hlm. 148-150)