penyebab kanker tulang

Tahukan anda, jika setiap kanker memiliki faktor penyebab dari kanker itu sendiri. Misalnya jika kulit yang sering terkena matahari memiiki faktor resiko kanker kulit. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, mulut, laring, kandung kemih, ginjal dan beberapa orang dalam tubuh. Akan tetapi, faktor tersebut tidak bisa langsung membuktikan jika Anda akan terkena penyakit tersebut. Terlebih lagi jika mengenai penyebab kanker tulang, karna faktor-faktor yang menandakan terkena peyakit tersebut masih kurang jelas.

Berikut adalah faktor penyebab kanker tulang :

Faktor Genetik

Banyak sekali yang beranggapan jika kanker tulang di sebabkan oleh faktor genetik yang bersipat turun temurun dan disebabkan ada cacat atau kesalah pada gen tertentu. Namun ada juga kanker yang jarang terjadi disebabkan oleh faktor genetik, misalnya Retinoblastoma . Kanker ini adalah kanker mata yang terjadi pada anak-anak. Namun biasanya orang yang terkena penyakit ini memiliki resiko yang cukup besar terkena kanker tulang jika penanganannya dengan cara tidak tepat. Misalkan melakukan terapi radiasi yang dapat mengakibatkan tulang di sekitar mata akan menyebabkan resiko yang lebih tinggi terkena kanker tulang.

Penyakit Paget

Penyakit ini bisa digolongkan kedalam penyakit non-kanker, akan tetapi masih tergolong pra-kanker yang bisa menyerang tulang anda. Penyakit ini akan menimbulkan pembentukan jaringan pada tulang secara tidak normal dan dari kebanyakan kasus, penyakit ini kebanyakan di alami oleh orang yang sudah lanjut usia dengan kisaran umur lebih dari 50 tahun. Akan tetapi penyakit ini tidak terlalu membahayakan nyawa Anda. Kemungkinan terkena serangan kanker tulang (Seperti osteosarcoma) sangatlah kecil yakni sekitar 1% dan biasanya jika tulang yang terkena penyakit paget dalam jumlah yang banyak.

Radiasi

Tulang yang terkena radiasi pengion dengan dosis yang besar memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker tulang. Misalnya melakukan terapi untuk mengobati kanker dengan menggunakan radiasi dapat menimbulkan kanker baru berkembang khususnya tulang yang berdekatan pada daerah dilakukannya pengobatan. Jadi, sebiasa mungkin menghindari terapi yang berlebihan. Karna bisa saja hal tersebut menimbulkan masalah baru. Selain itu, paparan bahan yang mengandung radio aktif seperti radium dan strontium juga bisa menyebabkan kanker dikarnakan mineral tersebut terbentuk di tulang.

Cedera

Banyak orang yang beranggapan bahwa cedera yang dialami tidak menyebabkan kanker dan kebanyakan dokter juga beranggapan demikian. Namun sebagian orang mengaitkan kejadian yang mengakibatkan cedera pada masalalu mereka adalah penyebab dari kanker yang dialaminya saat ini.