Khutbah Jumat

الحمد لله الملكِ القادرِ الحليمِ السّاتِرِ. الذي ليس لابتدائهِ اَوَّلٌ ولا لِانْتِهَائِهِ اَخِرٌ. اشهد ان لا اله الاالله وحده لاشريك له ولا نعبد الا اياه مخلصين له الدين ولو كرها الكافرون. واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله سيد الاولون والاخرون. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولانا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين. اما بعد. فيا عباد الله اوصيكم واياي بتقوى الله فقد فاز المتقون. قال الله تعالى: ياايها الناسُ انا خلقنكم من ذكر وانثى وجعلنكم شعوبا وقبائل لتعارفوا, ان اكرمكم عند الله اتقكم ان اللهَ عليمٌ خبيرٌ. صدق الله العظيم…

Setiap hari dan setiap malam, kita sebagai umat Islam mempergunakan rumah masing-masing untuk berbagai keperluan hidup sehari-hari. Kita paling sering menggunakannya untuk beraktifitas, berkumpul bersama keluarga, dan yang paling dominan adalah dipergunakan untuk beristirahat.

Setelah aktifitas yang kadang kita laksanakan di luar rumah, malam harinya kadang memakainya beristirahat, beribadah, dan sebagainya. Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa hal penting yang perlu kita laksanakan di dalam rumah masing-masing antara lain:

  • Memperbanyak Membaca Al-Qur’an, sebagaimana sabda rasulullah saw yang berbunyi:

أَكْثِرُوْا مِنْ تِلَاوَةِ الْقُرْأنَ فِيْ بُيُوْتِكُمْ فَاِنَّ الْبَيْتَ الذي لَايُقْرَاُ فيه القرانُ يَقِلُّ خيرُهُ ويَكْثُرُ شَرَّهُ وَيَضِيْقُ عَلَى اَهْلِهِ

Perbanyaklah membaca al-Qur’an di rumah kalian, sesungguhnya rumah yang di dalamnya tidak pernah dibacakan al-qur’an, sedikit kebaikannya dan banyak keburukannya serta menyempitkan pikiran penghuninya” (HR. Ad-Darukutni)

  • Memperbanyak Membaca Shalawat, sebagaimana sabda rasulullah saw yang berbunyi:

أَكْثِرُوْا مِنَ الصلاةِ عليَّ فانَّ صلاتَكم علي مغفرة لذنوبِكم، واطْلُبُوْا إِلَيَّ الدَّرَجَةَ وَالْوَسِيْلَةَ، فاِنَّ وسيلتي عندَ رَبِّي شفاعةٌ لكم

Perbanyaklah membaca shalawat untukku, karena sesungguhnya shalawat kalian kepadaku merupakan ampunan bagi dosa-dosa kalian. Dan mintalah untukku derajat dan wasilah, karena sesungguhnya wasilahku di sisi tuhanku merupakan syafaat atau penolong bagi kalian pada hari kiamat” (HR. Ibnu Asakir)

  • Mengingat Mati, sebagaimana sabda rasulullah saw yang berbunyi:

أَكْثِرُوْا ذِكْرَ الموتِ فانه يُمَحِّصُ الذنوبَ ويُزَهِّدُ في الدنيا، فان ذَكرتُمُوهُ عندَ الغِنَى هَدَمَهُ، وان ذَكرتُمُوهُ عندَ الفَقْرِ أَرضَاكم بِعَيْشِكُمْ

Perbanyaklah mengingat mati, karena sesungguhnya mengingat mati itu dapat membersihkan dosa-dosa, dan dapat menanamkan rasa zuhud atau lebih mementingkan amalan akhirat dari pada kesenangan dunia. Apabila kalian mengingat mati di saat kaya, niscaya mengingat mati dapat meruntuhkannya, dan apabila kalian mengingatnya di saat miskin, niscaya hal ini akan membuatmu rela dengan keadaan penghidupanmu”

 (HR. Ibnu Abid-Duniya)

  • Perbanyaklah mengucapkan La Haula Wala Quwwata Illa Billah, rasulullah saw bersabda dalam hadisnya yang berbunyi:

إستكثروا مِن قولِ لاحول ولا قوة الا باللهِ، فانها تَدفَعُ تسعةً وتسعين بابًا من الضُّرِّ أَدْنَاها “اَلْهَمُّ”

Perbanyaklah mengucapkan “la haula wala quwwata illa billah”, karena sesungguhnya dia dapat menolak sembilan puluh sembilan pintu bahaya, diantaranya adalah kesusahan(HR. Al-Uqaily)

  • Memperbanyak Berbuat Baik, sebagaimana sabda rasulullah saw yang berbunyi:

إستكثرْ منَ الناسِ مِنْ دُعاءِ الخيرِ لَكَ، بِاَنَّ العبدَ لَايَدرِي عَلَى لِسَانِ مَن يُستجابُ لهُ أو يُرحَمُ

Perbanyaklah berbuat kebaikan kepada orang lain agar mereka mendo’akan kebaikan untukmu. Sesungguhnya seorang hamba tidak mengetahui melalui lisan siapakah do’a dikabulkan atau melalui lisan siapakah sehingga ia diberi rahmat” (HR. Al-Khatib)

  • Memberi Upah Kepada Pekerja Setelah Selesai Pekerjaannya, sebagaimana sabda rasulullah saw yang berbunyi:

أُعطُوا الاَجِيرَ أجرَهُ قبلَ اَن يَّجِفَّ عَرَقُهُ، وَأَعْلِمُوْهُ أجرَهُ وَهُوَ فِي عَمَلِهِ

Berikanlah upah kepada pekerjamu sebelum keringatnya kering, dan beritahukan besaran upahnya sewaktu ia sedang bekerja” (HR. Al-Baihaqi)

Itulah beberapa hal penting yang hendaknya dilakukan seorang muslim di rumahnya, hal ini disebutkan berdasarkan hadis nabi dalam kitab “Mukhtarul Ahadis An-Nabawiyyah”.

Demikian khutbah singkat kali semoga ada manfaatnya bagi kita semua, dan semoga Allah memberikan petunjuk serta kekuatan kepada kita agar dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, Amin Allahumma Amin.

بارك الله لي ولكم في القران العظيم ونفعني واياكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم وتقبل الله منا ومنكم تلاوته انه هو الغفور الرحيم