penyebab jerawat

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat bisa sangat menyakitkan, secara fisik maupun psikologis, karena akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Di saat berada pada keramaian akan mengakibatkan rasa kurang percaya diri. Bahkan jika anda bertemu dengan pasangan. Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat, seperti yang akan di bahas berikut.

Faktor-faktor Penyebab Jerawat

Terlalu banyak memakan makanan pedas

Cabai merupakan bahan pokok dalam makanan pedas. Apa yang membuat cabai terasa pedas di lidah adalah senyawa bernama lycopene. Likopen dapat menyebabkan iritasi kulit dan jerawat pada beberapa orang. Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, mungkin terlalu banyak makanan pedas bisa menjadi penyebabnya. Jadi bagi anda yang jerawatan, hindari makanan yang terlalu pedas.

Stres

Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan timbul jerawat di wajah. Bukti ilmiah untuk menjelaskan hubungan keduanya cukup langka. Namun, ada teori bahwa produksi kortisol, hormon yang merangsang produksi sebum di kulit, dalam jumlah lebih banyak saat stres.

Bahan Kimia

Bahan kimia berada dalam produk makeup dan perawatan pribadi yang Anda terapkan yang dimana bahan kimia tersebut tidak cocok dengan jenis kulit anda, bahkan dalam makanan yang Anda makan juga terdapat bahan kimia. Penyebab wabah jerawat Anda mungkin adalah iritasi kulit yang disebabkan oleh bahan kimia ini.

Adapun cara menghilangkan jerawat yang bisa anda coba :

 Olahraga

Berolahraga secara teratur untuk membersihkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit Anda. Waktu yang tepat untuk berolahraga pagi-pagi ketika udara relatif bersih. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah dan bisa membantu membuka pori-pori tersumbat dan folikel rambut. Ingatlah untuk mandi setelah setiap sesi latihan untuk mencegah keringat dan kotoran.

Makan makanan sehat, berhenti merokok

Memperbaiki diet Anda adalah perubahan terpenting yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi jerawat. Kurangi makanan pedas seminimal mungkin untuk menghindari iritasi pada kulit Anda. Selain itu, buang kebiasaan merokok agar kulit Anda bernafas lebih leluasa dan menghilangkan bahan kimia beracun dari tubuh Anda.

Jaga kebersihan kulit Anda dengan cara mencuci dengan air beberapa kali sehari.Hapus makeup sebelum tidur. Pada siang hari, kenakan warna atau topi saat melangkah keluar untuk melindungi kulit dari polusi dan radiasi yang keras.