kaum nudis jerman

Kaum Nudis – Negara Jerman mempunyai banyak tempat yang diperuntukkan untuk kaum telanjang, seperti pantai, tempat spa, taman danau dan jalur pendakian. Hal itu tidak lepas dari budaya telanjang di masyarakat Jerman yang sudah ada sejak dahulu.

Diperkirakan ada sekitar 600.000 jiwa warga Jerman yang ikut serta dalam klub khusus, dimana semua yang masuk klub khusus itu harus tidak memakai pakaian (Kaum Nudis).

Gaya telanjang demi menyatu dengan alam itu berarti lebih dari sekedar ngetren di jerman. Budaya tidak memakai pakaian itu sudah hadir di jerman dari sejak tahun 1920an dan menjadi bagian kebanggaan bangsa. Seperti yang disebut sebagai freikorperkultur atau FKK yang berarti free body culture.

Budaya yang telanjang ini tidak ada sangkut pautnya dengan erotisme apalagi aktivitas seksual, akan tetapi untuk menghidupkan gambar positif mengenai tubuh, memberikan dukungan kebebasan dan untuk merasa lebih dekat dengan alam.

Gerakan budaya telanjang yang ada di jerman ini pertama kali keluar pada tahun 1920an dengan hadirnya pantai telanjang yang berada dipulau sylt. Tidak lama kemudian muncul sebuah sekolah ilmu telanjang berlin dan diadakannya kongers telanjang pertama.

Sampai saat ini kurang lebih 300 tempat umum yang diperuntukkan bagi kaum nudis. Di Munich, bahkan mempunyai 6 zona urban telanjang salah satunya sebuah taman yang diperuntukkan bagi kaum telanjang yaitu bernama english garden.

Bahkan di daerah Berlin sendiri mempunyai kawasan khusus telanjang yang bernama tiergarten, ditempat itu para kaum telanjang tidak hanya suka berenang atau berjemur sambil telanjang saja, akan tetapi mereka juga sering melakukan aktivitas bersama seperti mendaki, jogging, dan berkumpul dan itu semua dilakukan dengan telanjang.

Sebuah jalan pendakian di jerman bagian utara sudah dikhususkan untuk para pendaki telanjang. jalan itu diberi nama harz . Jalan itu berada di antara kota Dankerode dan waduk Wippertal. Dan untuk para pendaki biasa yang bertemu dengan pendaki telanjang sudah dipasangkan papan peringatan di depan jalur pendakian.