mencegah stroke

Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke daerah-daerah alirannya yang menyebakan kakunya sebagian anggota badan seperti tangan, kaki, bahkan mulut dan anggota badan lainnya. Stroke biasanya ditandai dengan melonjaknya tensi darah pada seseorang. Hal ini sering disebabkan karena penderita kurang tidur, pikiran yang terlalu banyak dan berat untuk dipikul sendiri, namun sering memendamnya sendiri tanpa berbagi dengan orang lain. Hal-hal yang dlarang bagi orang yang mengidap penyakit stroke adalah makanan yang memicu lonjakan tensi darah seperti daging, ikan, kopi, teh, susu, dan berbagai makanan dan minuman lainnya yang berfungsi meningkatkan tensi darah.

Penyakit stroke biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia di atas 60 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada orang di bawah umur 60 tahun. Keadaan ini sering terjadi akibat pola makan yang tidak sehat, kadar gizi makanan tidak seimbang, dan sering menyepelekan jenis makanan yang memicu terjadinya penyakit stroke. Stroke juga diderita oleh orang yang keluarganya memang memiliki riwayat penyakit stroke. Stroke semacam ini adalah karena faktor keturunan.

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat juga memicu terjadinya stroke jika dikonsumsi secara terus menerus, dalm jumlah banyak, dan dalam waktu yang lama. Selanjutnya makanan yang mengandung garam tinggi juga dapat menimbulkan penyakit jenis ini. Kadar garam yang tinggi dapat mengakibatkan cairan tertahan di dalam pembuluh darah yang akan membuat tekanan darah lebih tinggi. Namun ada beberapa tips makan makanan rendah garam, yaitu jangan memasak dengan garam atau menambahkan garam pada makanan, hindari makan makanan kalengan dan mie rebus dalam waktu yang lama atau terus menerus.

Ada beberapa jenis penyakit stroke antara lain:

  1. Stroke Iskemik

Stroke iskemik terjadi bila pembuluh yang memasok darah ke otak tersumbat.  Jenis stroke ini yang paling umum diderita oleh seseorang yang jika hitung dalam jumlah persen akan mencapai 90 %.

  1. Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik terjadi akibat pembuluh darah yang bocor di sekitar otak sehingga menghentikan suplai darah ke jaringan otak yang dituju. Selain itu, darah membanjiri dan memampatkan jaringan otak sekitarnya sehingga menggangu atau mematikan fungsinya.

Dalam beberapa dekade terakhir sering kita dengar istilah “stoke di kamar mandi”. Kenapa harus mengidap stroke di kamar mandi. Hal ini karena dalam mandi kita melakukan aktifvitas mandi. Terutama orang Islam, diwajibkan mandi jika telah bersetubuh dengan istrinya yaitu dengan mengalirkan air ke seluruh anggota badan sampai benar-benar bersih. Orang yang stoke di kamar mandi paling banyak disebabkan oleh cara mandi yang salah yang dapat menyebakan kulit menjadi terkejut, otak terkejut, karena air yang menyentuh kulit maupun otaknya tidak dilakukan dengan cara yang benar. Hal ini menyebabkan penyumbatan pada aliran darah yang menuju ke otak, menumpukkan darah pada satu tempat, membekukannya, sehingga membuat pembuluh darah pecah, dan terjadilah stroke hemoragik di kamar mandi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat menjauhi seseorang mengidap stroke di kamar mandi yaitu dengan melakukan cara mandi yang benar seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Mulailah mandi dengan membasuh tangan dan kaki terlebih dahulu sebanyak tiga kali (tiga gayung).
  2. Ikuti dengan membasuh kemaluan dan area sekitarnya dengan tiga gayung air.
  3. Selanjutnya membasuh badan bagian dengan tiga gayung air.
  4. Tunggu sebentar sehingga ada rasa seperti ada yang menguap dari ubun-ubun.
  5. Barulah mulai mengguyurkan air ke atas kepala dan seluruh badan secara merata.
  6. Usahakan membasuh setiap bagian basuhan adalah anggota badan sebelah kanan terlebih dahulu, karena anggota badan sebelah lebih tahan dan lebih kuat dibandingkan dengan anggota badan sebelah kiri.